Manajemen berawal dari bahasa inggris ialah manage yang mempunyai arti anatara lain menjaga, menjalankan serta juga memimpin. Manajemen merupakan sebuah cara untuk mencapai suatu visi misi organisasi dengan cara bekerja sama dengan orang-orang yang ada di organisasi tersebut.
Manajemen juga sebagai ilmu (sience) yaitu ilmu yang akan terus berkembang dan ilmu untuk membuat atau mengambil keputusan. Dengan adanya manajemen itu kita tidak akan berjalan di tempat istilahnya tidak ada perkembangan dan juga tidak salah akan mengambil keputusan.
Manjemen bisa juga sebagai seni (art) ialah suatu perencanaan, kepemimpinan, komunikasi & segala hal sesuatu yang mengait dengan manusia. Melakukan perencanaan itu seni, seni membuat jadwal seni membuat perencanaan kedepanya. Berkomunikasi itu juga seni, berkomunikasi itu tidaklah hal yang mudah harus membutuhkan persiapan yang matang, maka memimpin kalau berkomunikasi masih tidak lancar maka kewibawaan pemimpin akan hilang dan tidak keluar.
Manajemen sebagai profesi sama halnya profesional dengan membuat keputusan yang berdasarkan prinsip umum dan matang melalui formal atau dalam bentuk rapat.
Manajer adalah orang yang sudah lama berpengalaman, berpengetahuan luas tentang manajer dan bertanggung jawab atas bawahanya dan orang-orang organisasi lainya.
Manajer di definiskan menjadi 2, yaitu;
yang pertama adalah menurut tingakatanya.
Dalam tingkatan tinggi disebut juga top manager yaitu biasanya berada diatas, seperti ketua umum, ketua 1, ketua 2.
Tingkatan menengah disebut juga middle manager biasanya berada di samping ketua 1 dan ketua 2.
Tingkatan bawah disebut juga lower manager biasanya berada dibawah ketua 1 dan ketua 2 seperti halnya bawahan ketua 1 dan ketua 2.
Yang ke dua ialah menurut tanggung jawab;
Tanggung jawab manajer umum ialah yang berhak mengatur, mengawasi dan bertanggungjawab penuh atas unit kerja semuanya yang mencakup atas divisi operasi semua atau beberapa tindakan fungsional unit satuan kerja.
Tanggung jawab manajer fungsional adalah tanggungjawab semata-mata atas satu tindakan atau kegiatan organisasi saja, seperti halnya pemasaran, personalia, produksi dan keuanagan.
Yang di lakukan manajer
1. Manajer bekerja dengan orang-orang dan melalui orang lain
2. Manajer harus bisa memadukan dan menyeimbangkan suatu tujuan-tujuan yang saling berbeda pendapat dan dengan tegas menetapkan prioritas
3. Manajer harus bertanggungjawab penuh dan mempertanggungjawabkan
4. Manajer harus berpikir secara analisis sebelum mengambil keputusan dan konseptual.
Artikel keren lainnya:
Belum ada tanggapan untuk "Fisika dan Kelistrikan : Pengertian Manajer dan Manajemen beserta contohnya"
Posting Komentar